oleh

Budiyanto Monitoring Lahan Pertanian di Kecamatan Sukakarya

Sangrajawalinews.com || Bekasi – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto monitoring lahan pertanian padi yang sedang proses tumbuh dan berkembang disepanjang jalan Kampung Cabang Pulo Bambu Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi. Minggu, (6/6/2021).

Pertanian merupakan salah satu sektor ekonomi yang harus menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi, sehingga perlu perhatian dan alokasi anggaran yang cukup agar teknologi pertanian tepat guna mampuh meningkatkan produktivitas hasil panen pertanian untuk menopang kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Budiyanto S.Pi, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Komisi II mengatakan, kesuburan lahan persawahan sangat penting bagi keberhasilan petani dalam memproduksi padi. Untuk mencapai hasil panen yang maksimal petani perlu memperhatikan beberapa faktor dari lingkungan tumbuh tanaman padi.

“Saat ini pemakaian sistem kendali sudah banyak ditemui dalam berbagai aspek kehidupan, pengukuran yang manual untuk mengetahui kondisi lingkungan tanaman padi tentu akan kurang efisien dari segi waktu, oleh karena itu dibutuhkannya suatu sistem yang dapat memantau tanaman padi secara real time,” katanya.

Lebih lanjut, metode yang dipakai dalam penelitian dengan menggunakan beberapa parameter yaitu perubahan kelembaban udara, temperatur, pH, kelembaban tanah dan intensitas cahaya. Data dari setiap sensor akan tersimpan pada database dan petani akan menerima notifikasi monitoring lahan pertanian berupa SMS Gateway. Sensor ini akan diletakkan di beberapa lokasi pada lahan pertanian untuk meningkatkan keakuratan pengukuran.

“Berdasarkan pengujian selama 1 minggu semua sensor memberikan nilai yang stabil dan rata-rata error dari pH sebesar 1.99%, temperatur sebesar 1.29%, kelembaban udara sebesar 0.54%, kelembaban tanah sebesar 0.31%, dan intensitas cahaya sebesar 0.49%. Hasil dari pengujian sistem ini sudah sesuai dengan perancangan dan semua sensor menunjukkan hasil monitoring yang berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Iyan S, selaku Ketua Resort 21 Kabupaten Bekasi, saat dimintai keterangan oleh media SANGRAJAWALI NEWS Mengatakan, moment seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena salah satu dari Dewan DPRD Kabupaten Bekasi, sangat antusias dan peduli sama masyarakat terutama pada Petani yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Saya berharap kedepannya agar lebih peduli lagi dan tidak bosan-bosan untuk masyarakat Bekasi,” pintanya.

(Kabiro Kab.Bekasi, Dedi Prima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed