oleh

Bersama KTNA Kab. Bekasi, Budiyanto Monitoring Bendungan Caringin

Sangrajawalinews.com || Bekasi – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto bersama Wawan Kepala Desa Sukamakmur serta Ahmad Fauzi pengurus KTNA Kabupaten Bekasi dan Ujang Hatamsyah Ketua Penyuluh Pertanian Swadaya Kabupaten Bekasi, melakukan monitoring Bendungan Caringin sekaligus diskusi kondisi pertanian Kabupaten Bekasi. Minggu, (6/6/2021).

Dengan adanya fungsi Bendungan Caringin sebagai salah satu sumber Irigasi teknis pengairan pertanian dibeberapa Kecamatan Kabupaten Bekasi. Pertanian dan petani harus maju dan mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Budiyanto S.Pdi. Anggota DPRD Kabupaten Bekasi komisi I mengatakan, dalam perencanaan kebutuhan air irigasi, jumlah air (Debit) yang tersedia di Bendungan Caringin digunakan sebagai debit untuk realisasi perencanaan Rencana Tata Tanam (RTT) yang diharapkan mampu menyediakan pendistribusian kebutuhan air untuk pertanian Musim Taman dan keperluan kegiatan manusia lainnya dalam waktu jangka panjang.

“Pendistribusian air D.I Caringin dilakukan dengan pengukuran debit menggunakan metode debit sesaat yang disesuaikan dengan tabel uraian fase kebutuhan air pada tanaman yang telah ditetapkan oleh PSDA Kabupaten Bekasi,” ujar Budi.

Namun, kurangnya monitoring dalam pendistribusian dan pemberian debit ke areal tanam yang dilakukan oleh Tugas Pembantu Oprasi dan Pemeliharaan (TP-OP), Juru Pengairan, Pengamat Irigasi menyebabkan sering terjadinya penggunaan air secara berlebihan yang dilakukan petani D.I Caringin setempat.

“Pembuatan laporan debit yang masih menggunakan sistem manual (tulis tangan) juga menyebabkan kurang efektif dan efisien alokasi ketersediaan dan pendistribusian air, dikarnakan sering terjadinya kesalahan dan manipulasi data debit, sehingga diperlukan sistem yang berbasis komputer untuk memonitoring data debit daerah irigasi Caringin,” jelasnya.

Sementara itu, Iyan Supyan Selaku Penggiat Lingkungan dan Aktivis Sosial Kemanusiaan dari LSM GSMB Kabupaten Bekasi Saat dimintai keterangan oleh media SANGRAJAWALI NEWS mengatakan, sangat pentingnya Bendungan Caringin ini untuk Beberapa Kecamatan yang butuh perairan melalui Bendungan Caringin untuk mengairi sawah para petani yang ada diwilayah Caringin Kabupaten Bekasi.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya monitoring dari Dewan DPRD Kabupaten Bekasi, yang sangat peduli dan terjun langsung kelokasi bersama intansi bersangkutan dan masyarakat,” ungkapnya.

“Dan saya berharap untuk juru pengairan dan pengamat Irigasi agar lebih memperhatikan debit air, agar para petani bercukupan dengan masalah air,” pinta Iyan penuh harap.

(Kabiro Kab.Bekasi, Dedi Prima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed