Wabup Lamtim Membuka Acara Lomba Desa dan BBGRM Tingkat Kabupaten

Advertisement





Wabup Lamtim Membuka Acara Lomba Desa dan BBGRM Tingkat Kabupaten

SANGRAJAWALI NEWS
05 April 2021


Sangrajawalinews.com | Lamtim - Wakil Bupati Lampung Timur,Azwar Hadi Memberi Sambutan Sekaligus Membuka Acara Lomba Desa dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Lampung Timur Tahun 2021 di Desa Mulyo Sari Kecamatan Bumi Agung, Senin (05/04/2021).


Acara yang mengusung tema "Desa Bangkit Sehat Maju dan Sejahtera Pandemi Covid 19" di hadiri pula oleh, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, M. Noer Alsyarif, Ketua TP.PKK Kabupaten Lampung Timur, Yusbariyah, Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Lampung Timur, Imah Azwar, Camat Bumi Agung, Hendra Septiawan, Koramil Sukadana Serda, Joko Saptono, Kapolsek Bumi Agung, Iptu Hairul Muhammad, Kepala Desa Se Kecamatan Bumi Agung.


Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.


Mengawali sambutannya, Azwar Hadi menyampaikan maksud dan tujuan dari dilaksanakannya  Lomba Desa tersebut.


"Lomba desa adalah untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada Pemerintahan Desa untuk dapat mengikuti lomba dan bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemerintahan dengan tujuan sebagai wadah apresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Pemerintah Desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan dan memandirikan serta mensejahterakan desa," jelasnya.


Azwar Hadi juga menyampaikan, bahwa kepada desa terpilih sebagai 3 besar akan ada reward yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.


"Pada kesempatan ini Tim Penilai akan melakukan pemeringkatan perolehan nilai masing-masing desa peserta lomba menjadi 3 (tiga) besar, dimana penentuan peringkat I, II, dan III akan diputuskan oleh tim penilai setelah masing-masing Kepala Desa tersebut melakukan pemaparan dihadapan tim atas potensi unggulannya, bagi desa terpilih akan mendapatkan reward berupa uang tunai yang penyalurannya akan ditransfer melalui rekening desa sebagai tambahan anggaran pembangunan didesanya," ujarnya.



Lebih lanjut, Azwar menyampaikan untuk desa yang mendapatkan juara 1 Tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Lampung Timur ke Tingkat Provinsi.


"Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan sarana kegiatan untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong yang ada di masyarakat dan sebagai juara I tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Lampung Timur dalam Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Propinsi Lampung," pungkasnya. (Duta Anggara)