Pemkab Karawang Larang Wisatawan dari Luar Daerah, Penyekatan Diperketat

Advertisement



Pemkab Karawang Larang Wisatawan dari Luar Daerah, Penyekatan Diperketat

Redaksi
01 Januari 2021

Pantai Wisata Tanjung Pakis (foto: Kompas.com)


Sangrajawalinews.com | Karawang - Satgas Penanganan Covid-19 Karawang melarang wisatawan dari luar daerah berlibur ke obyek wisata di Karawang.


Terkait larangan ini, Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan upaya penyekatan di sejumlah titik.


Penyekatan dilakukan menyusul padatnya Pantai Tanjung Pakis, Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, di masa liburan Tahun Baru 2021.


Saat Satgas Penanganan Covid-19 Karawang bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan inspeksi mendadak (sidak) diketahui bahwa sejumlah pengunjung obyek wisata Pantai Tanjung Pakis berasal dari luar daerah. Pantai ini diketahui berada di perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.


"Dari luar tidak boleh. Sementara untuk wisatawan lokal (Karawang)," ujar Ketua Satgas Covid-19 Karawang Cellica Nurrachadiana saat melakukan sidak di Pantai Tanjung Pakis, Jumat (1/1/2021).


Karenanya, bersama Polri dan TNI, satgas akan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan dengan Kabupaten Bekasi,  Purwakarta, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bogor.


"Misalnya di perbatasan Batujaya dengan Pebayuran," ujar Bupati Karawang itu.


Cellica menyebut pembatasan wisatawan dari luar daerah dilakukan sampai Karawang kembali menjadi zona hijau. Hal ini sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan Pemkab Karawang.


"Sementara sampai Karawang zona hijau kembali," ucapnya.


Cellica menyebut tempat wisata boleh buka di masa pandemi. Akan tetapi hanya untuk wisatawan lokal. Pengelola pun diminta serius menerapkan protokol kesehatan. Satgas juga akan melakukan rapid test antigen secara acak.


"Pengunjung harus dibatasi 50 persen dari kapasitas area wisata," ujarnya. (Rifqi)


Sumber: Kompas.com