Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun

Advertisement




Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun

SANGRAJAWALI
11 Juli 2020

Foto: Ilustrasi

Kebaikan sekecil apapun pasti akan ada balasannya, begitu pula dengan keburukan yang dilakukan walaupun hanya sedikit.

Allah berfirman: "Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarah pun dia akan melihat balasannya." (QS al-Zalzalah: 7-8).

Di antara contoh berbuat kebaikan adalah mengucapkan salam, membantu pekerjaan orang lain, meringankan beban orang lain, bersedekah, memberi makan orang lain, membaca Al Qur'an,  menanam pohon, dan sebagainya. Itu semua bisa dilakukan sehari-hari dan tentunya akan mendapatkan ganjaran pahala.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim,⁣⁣ "Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan." (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa hadits ini shahih).⁣⁣
⁣⁣
Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah ketika menjelaskan penggalan hadits di atas mengatakan,⁣⁣
⁣⁣
"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan pada Jabir bin Sulaim agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun. Setiap kebaikan hendaklah dilakukan baik itu ucapan maupun perbuatan. Kebaikan apa pun jangan diremehkan. Kebaikan itu adalah bagian dari berbuat ihsan. Allah mencintai orang-orang muhsin (yang berbuat baik).⁣⁣"
⁣⁣
Ada sesuatu yang bisa mengingatkan seseorang untuk terus berbuat baik pada orang lain, yaitu hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Siapa yang menolong saudaranya dalam kebutuhannya, maka Allah pun akan menolongnya dalam kebutuhannya" (HR. Bukhari no. 2442 dan Muslim no. 2580, dari Ibnu ‘Umar).⁣⁣

Maka, janganlah sungkan untuk mengerjakan kebaikan walaupun hanya sekecil apapun, karena pasti akan mendapatkan balasan baik di dunia maupun di akhirat. Wallahu A'lam Bishawab. (SR)

Sumber: Radio Dakta